Beasiswa Undip 2020

Hallo temen-temen sholarship hunter beasiswa Undip 2020. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas seputar beasiswa yang terdapat pada kampus UNDIP.

Sebelumnya sudah kita ketahui bahwa beasiswa merupakan sesuatu yang menjadi incaran mahasiswa ketika berkuliah. Berbagai alasan yang mendasari seseorang untuk mencari beasiswa, salah satunya untuk meringankan beban orang tua.

Berikut ini beberapa informasi yang telah kami kumpulkan seputar beasiswa Undip Semarang

20+ Beasiswa Undip Tahun 2020

Gambar 1. Mengirimkan laporan kemajuan belajar (KHS, Transkrip) pada akhir semester.

  • Membuat essay dengan tema tertentu. *) tergantung pemberi beasiswa
  • Melampirkan foto copy buku tabungan atau nomer rekening yang aktif sesuai pemberi beasiswa. *) Beberapa pemberi beasiswa memiliki syarat bank tersendiri. Contoh: Beasiswa Bakti BCA mensyaratkan untuk nomer rekening berasal dari Bank BCA
  • Melampirkan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari dokter. *) jika diminta
  • Syarat Khusus

    Berbeda dengan syarat umum, syarat khusus tidak kita temukan pada setiap beasiswa. Setiap pemberi beasiswa memiliki kriteria khusus atau syarat khusus bagi calon penerima. Berikut ini beberapa syarat khusus untuk mendaftar Beasiswa Undip:

    1. Melampirkan SKL (Surat Keterangan Lulus) dan nilai UN SMU atau sederajat. *) bagi mahasiswa baru atau semester 1
    2. Foto copy nilai rapot kelas 3 (tiga).
    3. Melampirkan pas foto. *) Ukuran pas foto tergantung dengan pemberi beasiswa. Ada yang meminta 3×4 atau 4×6
    4. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Rektor.
    5. Melampirkan KHS (Kartu Hasil Studi) untuk 2 semester terakhir. *) Bukan transkrip nilai
    6. Minimal semester. *) Contoh: minimal semester 3, semester 5 dsb
    7. Minimal SKS. *) Contoh: Telah menyelesaikan SKS yaitu minimal 100 SKS
    8. Minimal IPK. *) Contoh: minimal IPK calon pendaftaran beasiswa Undip S1 yaitu 3.00
    9. Melampirkan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)
    10. Memiliki kemampuan english language.
    11. Lulus tes wawancara dan psikologi.

    Baca juga : Biaya Kuliah S2 UNDIP Tahun 2020 dan Tata Cara Pembayaran

    Jenis Beasiswa Undip

    Beasiswa Undip memiliki 2 jenis beasiswa yaitu beasiswa pemerintah dan non pemerintah. Berikut ini beberapa beasiswa Undip berdasarkan hasil research:

    Beasiswa Pemerintah

    Pendanaan dari beasiswa ini berasal dari pemerintah. Berikut ini beberapa beasiswa yang berasal dari pemerintah:

    Beasiswa PPA

    PPA atau Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik berasal dari Kementrian RISTEKDIKTI dengan sasaran penerima yaitu mahasiswa aktif Undip berdasarkan periode tahun anggaran berjalan.

    Beasiswa ini pada umumnya terdapat dua kali pencarian dalam 1 periode yaitu setiap 6 bulan sekal. Besar beasiswa PPA ini yaitu Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah) per mahasiswa setiap bulannya.

    Beasiswa Bidikmisi

    Beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang berasal dari pemerintah RI melalui Dirjen Pendidikan Tinggi, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dengan sasaran penerima beasiswa yaitu mahasiswa yang memiliki keterbatasan terhadap kemampuan ekonomi atau mahasiswa tidak mampu secara ekonomi.

    Besaran beasiswa bidikmisi sekitar Rp. 600.000,- per bulan atau Rp. 6.600.000 per tahun. Beasiswa bidikmisi ini terdiri dari dua komponen, yaitu:

    1. Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan setiap mahasiswa sebanyak Rp2.400.000,- per semester.
    2. Bantuan biaya hidup setiap mahasiswa sebanyak Rp 4.200.000,- per semesteryang telah ditetapkan dengan SK Rektor/Direktur/Ketua.

    Beasiswa Afirmasi Papua / ADik

    Sumber dana beasiswa ini berasal dari Kementrian RISTEKDIKTI . Beasiswa Afirmasi Papua sering dikenal dengan nama Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik).

    Beasiswa ini bertujuan untuk mencari dan menjaring calon mahasiswa Undip yang berasal dari darah Papua dan Papua Barat serta daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal). ADik terdiri dari biaya pendidikan, biaya hidup dan pembimbingan atau pembinaan belajar secara khusus.

    Beasiswa Non-Pemerintah

    Pendanaan dari beasiswa ini berasal dari non-pemerintah seperti yayasan, PT, dll. Berikut ini beberapa beasiswa yang berasal dari non-pemerintah:

    Beasiswa Yayasan Toyota dan Astra (Reguler)

    Yayasan Toyota dan Astra merupakan yayasan yang telah berdiri pada tahun 1974. Beasiswa ini berasal dari CSR (Corporate Social Responsibility) Toyota dan Astra. Beasiswa ini sekitar Rp. 600.000,- per bulan.

    Beasiswa ini memiliki syarat khusus yaitu di khususkan untuk fakultas atau jurusan tertentu. Fakultas dan jurusan yang diperbolehkan mendaftar yaitu:

    1. Fakultas Teknik ( T. Mesin, T. Elektro, Arsitektur, T. Sipil, Tekim, T. Industri, Tekling dan Sistem Komputer)
    2. FSM (Semua Jurusan)
    3. FPP (Pertanian)
    4. FPIK (Perikanan)

    Beasiswa Djarum Plus

    Pemberi beasiswa ini yaitu PT Djarum. Beasiswa ini tidak hanya mendapat dana beasiswa, tetapi ditunjang dengan pemberian pelatian soft skill kepada penerimanya.

    Pelatihan soft skill ini seperti mengembangkan wawasan kebangsaan, pembentukan karakteran dan melatih kepemimpinan. Salah satu acara pemberian soft skill kepada Beswan Djarum yaitu Leadership Development.

    Informasi lebih lanjut dapat mengakses website Beasiswa Djarum Plus (djarumbeasiswaplus.org)

    Beasiswa Bank Indonesia

    Terdapat 2 tahap seleksi pada beasiswa BI . Tahap 1 (administrasi dan kriteria umum) dan tahap 2 (wawancara).

    Salah satu syarat khusus dari beasiswa ini yaitu menyelesaikan minimal 40 SKS atau 3 semester untuk jenjang pendidikan Strata 1 (S1) atau menyelesaikan 24 SKS atau 2 semester untuk jenjang pendidikan D3. Tidak semua jurusan dapat apply beasiswa bank Indonesia.

    Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

    Pada Mei Tahun 2020 beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini memberikan persyaratan berupa membuat karya tulis dengan tema yang telah ditentukan.

    Tema yang diusung yaitu “Aksi Kreatif Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Covid-19”. Syarat dan Ketentuan pembuatan karya tulis ini yaitu dibuat minimal 3 halaman quarto dengan spasi 1,5.

    Beasiswa Bakti BCA

    Penerima beasiswa bakti bca yaitu mahasiswa semester 5 saat beasiswa ini diterima. Beasiswa ini dibuka sekitar bulan Juli-Agustus dengan durasi 1 tahun. Salah satu syarat untuk apply beasiswa ini yaitu memiliki IPK minimal 3.00

    Tidak hanya mendapatkan beasiswa secara tunai, beasiswa ini juga didukung dengan pengembangan soft skill penerima beasiswa.

    Beasiswa Yayasan Pelayanan Kasih A&A Rahmat

    Beasiswa ini dibuka sekitar bulan April. Beberapa syarat untuk mendaftar beasiswa ini yaitu:

    1. Merupakan mahasiswa program D3, D4 dan S1 dari Jurusan atau Prodi Teknik, Kedokteran, Sains dan Matematika, Pertanian dan Perikanan
    2. Minimal IPK D3 : 2,85 dan S1 : 3,00
    3. Berasal dari keluarga berpenghasilan marjinal atau kurang mampu yang dibuktikan dengan menggunakan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua atau Surat Keterangan yang berasal dari Kelurahan.

    Beasiswa Supersemar

    Yayasan Supersemar merupakan yayasan yang mengelola beasiswa supersemar. Beasiswa supersemar merupakan bantuan dalam bidang pendidikan dengan target sasaran mahasiswa yaitu mahaswa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi kurang.

    Beasiswa CIMB Niaga

    Tujuan dari beasiswa ini yaitu mendukung mimpi dari generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Beasiswa ini buka sekitar bulan Agustus.

    Ada 6 tahap seleksi dari Program Beasiswa CIMB Niaga, yaitu:

    1. Registrasi Online
    2. Pre Screening Document
    3. Tes Aptitude
    4. Learning Griup Discussion dan Wawancara
    5. Pengumuman Penerimaan Beasiswa
    6. Penganugerahan Penerimaan Beasiswa

    Beasiswa Yayasan Marga Pembangunan Jaya

    Pembukaan besiswa ini sekitar bulan Agustus. Salah satu syaratnya yaitu mahasiswa semester 5 dengan IPK minimal 3,50.

    Sedangkan IPK minimal bagi yang berasal dari keluarga kurang mampu namun memiliki prestasi baik yaitu 3.00.

    Selain itu, syarat dari beasiswa ini yaitu membuat rencana studi atau pekerjaan pada bidang yang menjadi minat setelah lulus S1.

    Beasiswa Tanoto Foundation

    Pada Tahun 2020, Beasiswa Tanoto membuka pendaftaran pada bulan Agustus. Salah satu fasilitas dari beasiswa ini yaitu dukungan finansial berupa biaya UKT dan tunjangan bulanan hingga semester 7.

    Sasaran dari beasiwa ini yaitu mahasiswa semester pertama yang mempunyai kemampuan, prestasi dan potensi menjadi seorang pemimpin yang cakap, unggul dan memiliki rasa tanggung jawab (bertanggung jawab).

    Beasiswa Yayasan Baitul Maal BRI

    Istilah lain dari beasiswa ini yaitu beasiswa kader surau. Beasiswa ini berupa bantuan tunjangan UKT, tunjangan hidup dan asrama.

    Beasiswa ini khusus mahasiswa putra semester 2 yang berasal dari PTN yang telah bermintra, salah satunya Undip.

    Pembukaan beasiswa Kader Surau sekitar bulan Maret atau awal April. Tanggal dapat berubah sesuai kebijakan yayasan. Informasi lebih lanjut : 5 Informasi Penting Beasiswa Kader Surau

    Beasiswa IKA Undip

    Asal beasiswa ini yaitu dari Yayasan IKA Undip. IKA Undip merupakan singkatan dari Ikatan Alumni Undip.

    Tujuan dari beasiswa ini yaitu membantu mahasiswa Undip yang berasal dari keluarga kurang mampu dengan salah satu syaratnya yaitu melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu.

    Beasiswa Yayasan Hadji Kalla

    Sasaran dari beasiswa ini yaitu mahasiswa yang berasal dari Sulawesi Selatan yang sedang menempuh pendidikan pada perguruan tinggi terbaik Indonesia.

    Beasiswa ini tidak hanya untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik, tetapi bagi mahasiswa yang memiliki prestasi non-akademik seperti hafidz atau memiliki hafalan Al-Quran, bidang seni dan olahraga, aktif dalam organisai sosial keasyarakatan dan penyandang disabilitas.

    Beasiswa ini diharapkan dapat merungankan beban utama mahaiswa yaitu biaya studi sehingga mahasiswa dapat lebih berkonsetrasi kuliah ataupun mencapai asa.

    Tahun 2020 pendaftaran beasiswa ini buka pada tanggal 22 Juli sampai 31 Agustus 2020

    Beasiswa Afirmasi Teladan

    TELADAN Afirmasi merupakan beasiswa yang berasal dari Tanoto Foundation dengan tujuan untuk melahirkan generasi muda Indonesia yang berasal ari daerah 3T ( Terdepan, Terluar dan Tertinggal) atau berkebutuah khusus (finansial atau difabel).

    Beasiswa ini meliputi bantuan dana pendidikan (UKT), dana tunjangan bulanan dan berbagai program pengayaan dengan menyesuaikan kebutuhan peserta.

    Selanjutnya, target dari beasiswa ini yaitu membentuk pemimpin yang secara terus-menerus dapat memberikan dampak yang positif terhadap komunitas tempat mereka tinggal dan bekerja.

    Sasaran program TELADAN yaitu mahasiswa undip yang berasal dari daerah 3T atau memiliki kebutuhan khusus (finansial atau difabel) dan menunjukkan potensi menjadi pemimpin yang unggul dan bertanggung jawab serta berkontribusi kepada bangsa.

    Kuota 2 orang mahasiswa

    Beasiswa Penerbit Dewangga

    Undip telah menjadi mitra dari Beasiswa Penerbit Erlangga. Tahun 2020 pendaftaran buka pada tanggal 02 sampai 15 Juni 2020.

    Persyaratan umum untuk mendaftar beasiswa ini, yaitu:

    1. Mahasiswa aktif UNDIP
    2. Min. semester 2 dan max, semester 6
    3. S1 atau D4
    4. Minimal IPK 2,75
    5. Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain.

    Beasiswa Cendekia BAZNAS

    Bukaan pendaftaran beasiswa Baznas pada tahun 2020 bulan april dan tutup pada bulan Mei. Tahun 2020 BAZNAS menawarkan tiga kategori beasiswa, yaitu:

    1. Studentpreneur Muda
    2. Aktivis Muda
    3. Teladan Muda

    Beasiswa Paragon

    Paragon Scholarship pada tahun 2019 buka pada bulan September. Beasiswa Paragon dibagi menjadi dua yaitu beasiswa prestasi dan beasiswa pemberdayaan.

    Beasiswa prestasi dengan sasaran mahasiswa tingkat 3 atau mahasiswa semester 5 dengan minimal IPK 3,30 dengan melampirkan essay. Tema essay pada Tahun 2019 yaitu “Kontribusiku untuk Indonesia”

    Sedangkan, beasiswa pemberdayaan memiliki minimal IPK 2,80 dan melampirkan surat keterangan tidak mampu.

    Beasiswa PT Lautan Luas Tbk

    Informasi terakhir beasiswa ini pada tahun 2018. Syarat untuk mendaftar beasiswa dari PT Lautan Luas Tbk meliputi syarat umum dan syarat khusus.

    Syarat umum berupa mengisi formulir pendaftaran, surat keterangan penghasilan ortu, surat rekomendasi dosen, copy KTM, KHS semester akhir dan KK terbaru.

    Sedangkan syarat khusus pada beasiswa ini yaitu IPK lebih dari 3,00 (bukti transkrip terbaru), semester 5 dari jurusan teknik kimia,  surat ketersediaan untuk mengikuti kegiatan PT Lautan Luas TBK dan surat tidak menerima beasiswa lain.

    Beasiswa Tugas Akhir

    PT Paragon Technology dan Innovation merupakan salah satu pemberi beasiswa Tugas Akhir. Sasaran beasiswa ini yaitu mahasiswa tingkat akhir yang membutuhkan dana untuk TA dan memiliki min. IPK 3.00.

    Syarat daftar beasiswa ini yaitu:
    1. Fc KTM dan KTM
    2. Copy Buku Tabungan a.n mahasiswa calon penerima
    3. Form Beasiswa TA
    4. Transkip Semester 1 sampai 6
    5. Surat Pernyataan sedang melakukan TA
    6. Proposal TA (Bab 1 sampai 3)
    7. Surat Pernyataan tidak menerima beasiswa lain

    Beasiswa Bakti Nusa

    Tujuan dari beasiswa bakti nusa yaity membentuk pemimpin yang berkarakter dan berkompeten serta berperan aktif dalam masyarakat untuk terwujudnya Indonesia yang berdaya.

    Fasilitas dari beasiswa ini yaitu dukungan dana aktivitas sebesar Rp. 1.000.000,- per bulan selama 5 bulan, program leadership develompment selama 1 tahun, coaching, magang kemanusian pada daerah 3T dan lain-lain.

    Pendaftaran buka sekitar bulan Februari. Tahap seleksi meliputi seleksi berkas, wawancara, uji publik dan terakhir pengumuman. Sasaran beasiswa Bakti Nusa yaitu mahasiswa tingkat 4 dari kampus program, beragama islam dan min IPK 3.00.

    Beasiswa KSE (Karya Salemba Empat)

    Manfaat dari beasiswa KSE yaitu tunjangan pendidikan S1 kepada mahasiswa yang duduk minimal semester ke-2. Selain itu, fasilitas pendukung lannya bagi penerima beasiswa KSE yaitu pengembangan soft skill.

    Syarat penerimaan Beasiswa KSE yaitu:

    1. Utamanya untuk keluarga kurang mampu
    2. Belum menikah
    3. Tidak sedang mendapat beasiswa lain
    4. Tunjangan pendidikan Rp. 600.000,- per bulan
    5. Tidak terikat

    Tahap Seleksi dari beasiswa KSE yaitu seleksi dokument online dan seleksi, pengumpulan dokumen hard file, interview dan seleksi, verifikasi penerimaan dan tahap terakhir yaitu pengumuman.

    Beasiswa Etos

    Pemberi beasiswa yaitu Dhompet Dhuafa. Beberapa persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini yaitu min. IPK 3.00, mahasiswa semester 2 akhir, berasal dari keluarga yang kurang mampu (golongan UKT 1-3), dll.

    Fasilitas dari beasiswa etos yaitu:

    1. Uang saku selama 6 bulan
    2. Bantuan UKT selama 6 bulan
    3. Pembinaan asrama 1 tahun
    4. Bimbingan bahasa asing (Inggris dan Arab)
    5. Mentoring
    6. Pembekalan fisik atau bela diri
    7. Training pengembangan diri dan persiapan karir

    Perlu diperhatikan lagi ya, jika beasiswa tersebut belum tentu setiap tahun buka tergantung kebijakan dari pemberi beasiswa. Selain itu, beasiswa di Undip masih banyak lagi.

    Sekian informasi seputar Beasiswa Undip Tahun 2020. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi gambaran bagi sholarship hunter.

    Tinggalkan komentar