Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan masyarakat masih menjadi tujuan kuliah yang tidak pernah sepi peminat. Orang-orang cenderung memilih jurusan ini karena melihat penawaran masa depan gemilang.

Lowongan pekerjaan di bidang tersebut senantiasa terbuka luas. Kebutuhan kesehatan yang cukup membludak tentunya bisa menciptakan banyak peluang kerja.

Jurusan ilmu kesehatan masyarakat tidak akan membatasi para lulusannya untuk beraktualisasi diri. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di rumah sakit, perusahaan, instansi pemerintah, hingga membuka usaha sendiri. Jurusan ini sangat keren.

Bukan hanya sekedar itu saja, jurusan ini juga bermanfaat bagi sesama. Tentunya Kamu bisa memberikan perubahan terhadap situasi kesehatan dalam lingkungan masyarakat sehingga menjadi jauh lebih baik.

Dengan memilih jurusan ilmu kesehatan masyarakat, maka Kamu bisa bersiap-siap untuk selalu memberikan dampak positif dalam lingkup yang begitu luas.

Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat
Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat (dokumen pribadi)

Deskripsi Jurusan

Kesehatan masyarakat adalah jurusan yang berfokus untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan kualitas kesehatan masyarakat itu sendiri.

Selain itu, jurusan ini juga bertujuan guna mencegah adanya wabah penyakit tertentu yang dapat mengancam kesehatan serta keselamatan masyarakat luas. Jadi, Kamu tidak hanya sekedar belajar satu rumpun ilmu saja melainkan juga multi rumpun ilmu.

Salah satu perbedaan jurusan kesehatan masyarakat dengan kedokteran yaitu kesehatan masyarakat berfokus pada upaya preventif dan promotif sedangkan kedokteran berfokus pada upaya kuratif dan rehabilitasi.

Gelar Lulusan Sarjana Kesehatan Masyarakat

Program studi ini menawarkan gelar S.KM bagi tiap lulusannya. Gelar S.KM merupakan akronim dari Sarjana Kesehatan Masyarakat.

Lama Masa Studi

Masa studi jurusan ilmu kesehatan masyarakat bisa Kamu tempuh minimal 4 tahun. Kamu bisa menjalani tingkatan mulai dari semester I sampai VIII.

Minimal SKS

Umumnya program studi kesehatan masyarakat dapat Kamu tempuh dengan 140 SKS.

Biaya Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan Kesehatan di setiap kampus memilki biaya kuliah yang berbeda-beda. Ada yang sudah menggunakan sistem UKT (uang kulaih tunggal). Penetapan UKT salah satunya yaitu dengan besaran penghasilan orang tua

Misalnya, biaya kuliah S1 Jurusan Kesehatan Masyarakat Diponegoro berkisar antara Rp. 500.000,- sampai Rp, 8.000.000,-

Peluang Kerja Kesehatan Masyarakat

Peluang kerja bagi lulusan jurusan ilmu kesehatan masyarakat ternyata cukup melimpah. Ada begitu banyak instansi pemerintah dan swasta yang membutuhkan lulusan jurusan ini.

Contoh pekerjaan lulusan kesehatan masyarakat antara lain HSE officer, sanitarian, staf kesehatan lingkungan, entomolog, promkes, dosen dan sebagainya.

Jenjang karir bagi lulusan ilmu kesehatan masyarakat pun cukup bervariasi. Belum lagi adanya penawaran gaji yang amat menggiurkan.

Tentunya urusan gaji juga berkaitan dengan pengalaman kerja yang Kamu punya sebelumnya. Jadi, sudah sepatutnya Kamu memilih jurusan ini sebagai batu loncatan demi masa depan gemilang.

Selain dapat bekerja di instansi pemerintah maupun swasta, Kamu juga dapat membuka peluang usaha sendiri yakni berwirausaha.

Cobalah untuk mengembangkan ilmu yang dimiliki dengan pilihan usaha terbaikmu. Jika Kamu melek teknologi, maka boleh juga membuat aplikasi yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

Peminatan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Pada umumnya terdapat 8 peminatan yang wajib Kamu tahu tentang jurusan kesehatan masyarakat:

Administrasi dan Kebijakan Kesehatan

Peminatan ini berfokus pada analisis kebijakan kesehatan sekaligus pengaplikasiannya dalam program kesehatan masyarakat.

Di samping itu, program peminatan ini juga mengambil peran dalam merancang sekaligus evaluasi program pelayanan kesehatan di lingkungan masyarakat. Seluruhnya juga harus berkesesuaian dengan etika yang baik.

Biostatistik dan Kependudukan

Peminatan biostatistik dan kependudukan memiliki fokus pengembangan basis data kesehatan masyarakat.

Dalam peminatan ini Kamu dapat belajar tentang statistik non parametrik dan parametrik, analisis kelangsungan hidup, kependudukan serta rekam medik. Kamu juga akan melakukan analisis serta evaluasi terhadap data KB.

Epidemiologi

Pada peminatan ini nantinya Kamu akan fokus terhadap penanganan penyakit baik itu menular maupun tidak.

Sesuai dengan namanya, peminatan ini akan membawamu untuk lebih fokus terhadap epidemiologi kesehatan, distribusi penyakit, frekuensi penyakit, determinan penyakit hingga masalah kesehatan. Bahkan Kamu juga akan belajar manajemen kejadian tertentu.

Kesehatan Lingkungan

Jika memilih peminatan ini tentu Kamu akan terbiasa dengan pengolahan limbah, kesehatan lingkungan umum, toksikologi lingkungan hingga terkait evaluasinya.

Kamu juga akan bersenang-senang saat membuat rekayasa sarana bagi kesehatan lingkungan. Tentu peminatan ini akan memberikan kesan menarik bagimu.

Kesehatan dan Keselamatan Kerja 

Fokus peminatan ini adalah kesehatan keselamatan dalam lingkungan kerja bagi orang terkait.

Dalam peminatan ini nantinya Kamu akan belajar tentang persoalan K3 seperti di bidang industri, institusi kesehatan sampai penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan. Kamu juga bisa mempelajari UU terkait.

Entomologi

Sesuai dengan namanya, peminatan ini mempelajari mengenai entomon (bahasa yunanai kuno) yang berarti serangga. Peminatan ini umumnya di bawah departemen Epidemiologi dan Penyakit Tropik.

Mata Kuliah yang akan Kamu pelajari pada peminatan ini antara lain morfologi & taksonomi, entomologi kesehatan, rodentologi kesehatan, teknik entologi.

Kesehatan Ibu dan Anak (KIA)

Seperti namaanya peminatan ini berfokus pada Kesehatan Ibu dan Anak. Kamu akan mempelajari mengenai kesehatan reproduksi, KB, tumbuh kembang anak, Gizi Ibu dan Anak dan sebagainya.

Salah satu yang memfasilitasi peminatan Kesehatan Ilmu dan Anak (KIA) yaitu Universitas Diponegoro dibawah naungan departement Gizi Kesehatan Masyarakat.

Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku

Saat mengambil peminatan ini, tentu Kamu akan fokus terhadap budaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Kamu akan diajari bagaimana mengembangkan media dalam kaitannya dengan kesehatan masyarakat, melakukan promosi di institusi terkait, rapid survey perilaku sampai melakukan retorika kesehatan.

Gizi Kesematan Masyarakat

Mirip seperti jurusan ilmu gizi, dalam peminatan Kesmas ini Kamu akan fokus terhadap gizi kesehatan di lingkungan masyarakat. Kamu akan melakukan berbagai macam analisis baik dari segi masyarakat maupun standar gizi itu sendiri.

Setelah memilih peminatan ini tentunya Kamu diharapkan mampu untuk memberikan solusi terbaik bagi kesehatan masyarakat.


Mengingat begitu bagusnya masa depan, maka wajar rasanya jika peminat jurusan kesehatan masyarakat selalu melimpah. Bukan hanya menawarkan banyak pilihan prospek kerja terbaik mulai dari instansi pemerintah, swasta hingga membuka usaha sendiri, nyatanya ilmu yang dapat diambil dari jurusan tersebut juga sangat bermanfaat bagi kehidupan pribadimu.

Artikel terkait tentang Jurusan Kesehatan Masyarakat

  1. Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat
  2. Mata Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat
  3. Jurusan Kesehatan Masyarakat Akreditasi A

Tinggalkan komentar