Kata Pengantar Laporan KKN

Bulan Januari-Februari atau Juni-Agustus merupakan bulan-bulan pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata). Ketika melaksanakan pengabdian kepada masyarakat atau belajar dengan masyarakat kita diwajibkan membuat laporan pertanggungjawaban.

Laporan pertanggungjawaban berisi tentang gambaran potensi desa, permasalahan yang ada pada desa dan pelaksanaan program untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu isi laporan pertanggungjawaban KKN terdapat Kata Pengantar.

Berikut ini 4 contoh Kata Pengantar Laporan KKN yang dapat menjadi sumber referensi kalian dalam menyusun laporan KKN khususnya Kata Pengantar.

Contoh Kata Pengantar Laporan KKN
Contoh Kata Pengantar Laporan KKN UNDIP TIM 1 Desa Ketangi (dokumen pribadi)

Contoh 1

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala atas segala limpahan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan laporan pelaksanaan kegiatan KKN ini. KKN Universitas ……….. yang telah dilaksanakan sejak bulan Januari hingga Febuari ini telah selesai. Oleh karena itu, penyusun sampaikan program-program yang telah dilaksanakan pada kegiatan KKN ini guna pertanggungjawaban kegiatan.

Dalam terselesaikannya penyusunan laporan ini, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarmya kepada:

  1. Allah subhanallahu wa ta’ala yang telah memberikan nikmat sehat dan perlindungan kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan laporan ini;
  2. .………………………..  selaku Rektor Universitas ………;
  3. ………………………… selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM);
  4. ……………………….. selaku Kepala Pusat P2KKN dan ………….. selaku Sekretaris Pusat P2KKN;
  5. …………………………. selaku Kepala Kecamatan ………….. dan selaku Kepala Keluraha/Kepala Desa ……………….
  6. ……………., ……………, dan …………… selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah membimbing kami dalam penyusunan laporan dan perencanaan program KKN ini;
  7. Teman-teman KKN Tim II Tahun ….. Kecamatan ….. Kabupaten ….. yang saling membantu dalam melaksanakan survey KKN. Semoga KKN yang kita laksanakan dapat berjalan dengan lancar hingga akhir;
  8. Dan segenap pihak-pihak yang telah membantu yang tidak mungkin disebutkan satu persatu.

Penyusun menyadari masih terdapat banyak kekurangan dalam penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan ini. Oleh karena itu, kami mohon maaf serta kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Kota KKN, Tanggal Bulan Tahun

Contoh 2

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang melimpahkan rahmat, taufik, serta hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan Laporan Pelaksanaan Kegiatan (LPK) Kelurahan ……..  Kecamatan …….. Kabupaten ……… Adapun sekilas mengenai Laporan Pelaksanaan Kegiatan ini kami susun sebagai rencana kegiatan untuk menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

            Laporan Pelaksanaan Kegiatan ini dapat terselesaikan berkat bimbingan, saran, dan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada:

  1. ……………. rektor Universitas ……..,
  2. ……………. selaku Kepala Pusat Pelaynan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN),
  3. ……………. selaku Lurah/Kades ……………., Kecamatan ……………. Kabupaten ……………. yang telah memberikan izin dan bantuan kepada kami untuk melaksanakan KKN,
  4. ……………. selaku Dosen KKN I yang telah memberikan bimbingan kepada kami sampai Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berakhir
  5. ……………. selaku Dosen KKN II yang telah memberikan bimbingan kepada kami sampai Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berakhir,
  6. ……………. selaku Dosen KKN III yang telah memberikan bimbingan kepada kami sampai Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini berakhir,
  7. Seluruh Masyarakat Kelurahan/Desa ……………. yang telah menerima kami untuk melaksanakan KKN di Kelurahan/Desa …………….,
  8. Serta segenap pihak yang telah membantu dalam kelancaran kegiatan penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan KKN ini.

Demikian Laporan Pelaksanaan Kegiatan ini kami susun untuk dapat dievaluasi dan menjadi pedoman serta acuan kegiatan KKN nantinya.  Semoga Kelurahan/Desa ……………. Kecamatan ……………. Kabupaten ……………. ini dapat berkembang menjadi yang lebih baik.

Kota KKN, Tanggal Bulan Tahun

KKN Tim I/II Tahun ….

Kelurahan ….., Kec. ……, Kab. ……..

Contoh 3

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga Laporan Pelaksanaan Kegiatan (LPK) Kuliah Kerja Nyata Universitas ………… Tim I/II Tahun ………… di Desa ………… Kecamatan Kedungwuni Kabupaten ………… dapat disusun dengan baik.

        Kami berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan, yaitu kepada:

  1. ………… selaku Rektor Universitas ………….
  2. ………… selaku Ketua Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas …….  dan ………… selaku Kepala Pusat Pelayanan Kuliah Kerja Nyata (P2KKN).
  3. ………… selaku  Bupati Kabupaten …………
  4. ………… selaku Camat ………… dan ………… selaku Camat ………… periode sebelumnya
  5. ………… selaku Kepala Desa …………, Kecamatan …………, Kabupaten …………;
  6. ………… selaku Koordinator Dosen Kuliah Kerja Nyata Lokasi KKN Kabupaten …………
  7. …………; ………… dan ………… selaku Dosen Pendamping Lapangan Kuliah Kerja Nyata Tim I/II Tahun …………  Kecamatan …………, Kabupaten …………
  8. Segenap pihak yang telah membantu dalam memudahkan kelancaran kegiatan KKN Tim I/II Tahun ………… hingga penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan KKN ini.

Kami menyadari bahwa penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami harapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak. Akhir kata, semoga Laporan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim I/II Tahun ………… di Desa …………, Kecamatan …………, Kabupaten ………… ini dapat memberikan manfaat.

Kota KKN, Tanggal Bulan Tahun

Tim Penyusun

Tim I/II KKN UNIV …. Tahun …

Contoh 4

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan YME, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah serta karunia-Nya, sehingga penyusun mendapatkan kesempatan untuk saling mengenal, berbagi dan bertukar pengalaman serta pikiran dalam membantu program pemberdayaan masyarakat melalui wadah Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan menyelesaikan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata TIM I/II Tahun …….

Tujuan pembuatan Laporan Pelaksanaan Kegiatan (LPK) ini adalah sebagai pelengkap persyaratan program Kuliah Kerja Nyata untuk dapat terjun langsung ke dalam masyarakat yang pelaksanaannya berada di Desa ……., Kecamatan ……., Kabupaten …….. Penyusun menyadari, dalam penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak.

Untuk itu, penyusun mengucapkan terima kasih kepada:

  1. ……………….  selaku Rektor Universitas Diponegoro.
  2. ………………. selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas ……………….
  3. ………………. selaku Koordinator Dosen Kuliah Kerja Nyata Lokasi Kabupaten ……………….
  4. ……………….. selaku Dosen Kuliah Kerja Nyata Tim I Tahun 2020 Kecamatan ………………., Kabupaten ……………….
  5. ………………. selaku Dosen Kuliah Kerja Nyata Tim I/II Tahun ……… Kecamatan ………………., Kabupaten ……………….
  6. ………………. selaku Dosen Kuliah Kerja Nyata Tim I/II Tahun ………  Kecamatan ………………., Kabupaten ……………….
  7. ………………. selaku Camat ………………., Kabupaten ……………….
  8. selaku Kepala Desa ………………., Kecamatan ………………., Kabupaten ……………….
  9. Segenap Perangkat Desa Ketangi, Kecamatan Pamotan yang telah memberikan informasi kepada kami.
  10. Segenap pihak yang telah membantu dalam memudahkan kelancaran kegiatan survey KKN-PPM Tim I/II Tahun …………… hingga penyusunan Laporan Pelaksanaan Kegiatan KKN-PPM ini.

Penulis menyadari bahwa dalam penulisan Laporan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata TIM I/II Tahun ……. ini masih belum sempurna. Oleh karena itu, kami harapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak. Akhir kata, semoga Laporan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tim I/II Tahun …….. di Desa ……….  Kecamatan ……. Kabupaten …….. ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.

Kota KKN, Tanggal Bulan Tahun

Pelaksana KKN Tim I/II Tahun ….

Desa ….., Kec. ……, Kab. ……..


Trimakasih teman-teman telah membaca artikel mengenai kata pengantar laporan KKN hingga tuntas. Semoga dapat menjadi referensi kalian dalam membuat kata pengantar.

Tinggalkan komentar