Pengertian Air

Pengertian air merupakan hal pertama yang harus diketahui ketika belajar mengenai air.

Air adalah sumber daya alam (SDA) yang melimpah di muka bumi ini yang diperlukan oleh makhluk hidup termasuk manusia.

Oleh sebab itu, air harus dilindungi sehingga tetap dapat dimanfaatkan dengan baik oleh makhluk hidup.

Pemanfaatan air dalam memenuhi kebutuhan hajat makhluk hidup harus dilakukan secara bijak, dengan mempertimbangkan kebutuhan air generasi yang akan datang.

Pengertian AIr adalah

Pengertian Air

Definisi air dalam Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air adalah semua air yang terdapat di dalam dan atau berasal dari sumber air, dan terdapat di atas permukaan tanah, tidak termasuk dalam pengertian ini adalah air yang terdapat di bawah permukaan tanah dan air laut.

Air memiliki berbagai bentuk seperti es, uap air, salju dan cairan. Air tawar terutama terdapat pada danau, ait tanah (ground water), gunung es (glacier), dan sungai.

Semua yang terdapat pada badan air di daratan dihubungkan dengan laut dan atmosfer melalui siklus hidrologi yang berlangsung secara kontinu.

Karakteristik Air

Karakteristik khas pada air yang tidak dimiliki senyawa kimia lain yaitu:

1. Suhu 0°C (32°F) – 100°C

Kisaran suhu yang sesuai bagi kehidupan, yaitu 0°C (32°F) – 100°C dengan khararakteristik air berwujud cair.

Titik beku (freezing point) pada air yaitu 0°C dan titik didih (boiling point) pada air yaitu 100°C.

Tanpa sifat tersebut, air yang terdapat pada jaringan makhluk hidup maupun air yang terdapat di sungai, laut, waduk, badan air dan lain sebagainya akan berbentuk gas atau padatan; sehingga tidak akan terdapat kehidupan makhluk hidup di muka bumi, karena sekitar 60%-90% bagian dari sel makhluk hidup adalah air.

2. Air sebagai penyimpanan panas yang baik

Air mempunyai sifat sebagai penyimpan panas yang sangat baik karena perubahan suhu pada air berlangsung lamban sehingga air tidak menjadi panas ataupun dingin dalam waktu sesaat.

Perubahan suhu pada air yang lambat ini mencegah terjadinya stress pada makhluk hidup karena adanya perubahan suhu yang mendadak dan memelihara suhu bumi agar sesuai makhluk hidup.

Sifat ini juga menyebabkan air sangat baik digunakan sebagai pendingin mesin.

3. Proses penguapan air memerlukan panas yang tinggi

Penguapan merupakan proses perubahan pada air dari cair menjadi uap air. Evaporasi memerlukan energi panas yang besar.

Sebaliknya, proses perubahan uap air menjadi cairan atau kondensasi melepaskan energi panas yang besar.

4. Air sebagai pelarut yang baik

Air dapat melarutkan berbagai macam senyawa kimia. Sifat ini memungkinkan unsur hara (nutrien) terlarut diangkut ke seluruh jaringan tubuh makhluk hidup dilarutkan untuk dikeluarkan kembal dan memungkinkan untuk digunakan sebagai pengencer polutan yang masuk ke badan air.

5. Tegangan permukaan yang dimiliki air tinggi karena tekanan antar-molekul cairan tinggi.

Tegangan permukaan yang tinggi menyebabkan air memiliki sifat membasahi suatu bahan secara baik (higher wetting ability) dan memungkinkan terjadinya system kapiler, yaitu kemampuan untuk bergerak dalam pipa kapiler (pipa dengan lubang kecil).

Dengan adanya system kapiler dan sifat sebagai pelarut yang baik, air dapat membawa nutrisi dari dalam tanah ke jaringan tumbuhan.

6. Air adalah satu-satunya senyawa yang merenggang ketika membeku.

Ketika membeku, air merenggang yang mengakibatkan es memiliki nilai densitas (massa : volume) yang lebih rendah daripada air.

Dengan demikian, es akan mengapung di air. Karakteristik ini akan mengakibatkan danau-danau pada daerah yang beriklim dingin hanya membeku pada permukaan (bagian di bawah permukaan masih berupa cairan) sehingga kehidupan pada organisme akuatik akan tetap berlangsung.


Sekian informasi dari pengertian dan karakteristik air. Semoga informasi yang sedikit ini dapat bermanfaat untuk teman-teman semua.

Tinggalkan komentar