Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat di Indonesia nampaknya masih sangat bagus. Hal ini tentu berangkat dari urusan perkembangan zaman yang sejalan dengan permasalahan seputar kesehatan masyarakat.

Permasalahan tersebut bukan hanya menyangkut penyakit saja, melainkan juga berkaitan dengan lingkungan, bencana alam sampai tingkah laku.

Permasalahan seputar kesehatan masyarakat tidak boleh dibiarkan begitu saja. Masyarakat yang memiliki tingkat kesehatan rendah tentu akan memperoleh banyak dampak negatif saat menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari.

Disinilah peran penting ahli kesehatan masyarakat guna senantiasa menyiapkan keterampilan terkait sehingga mampu menaikkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

Sungguh suatu langkah bagus apabila kamu mengambil jurusan kesehatan masyarakat. Jurusan tersebut tentu bisa amat membantu dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat Indonesia ke depannya.

Di samping itu, kamu juga akan memperoleh kehidupan lebih baik. Ada begitu banyak peluang prospek kerja dari jurusan tersebut yang bisa kamu ambil.

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Masyarakat (doc: pribadi)

HSE Officer

Profesi ini cukup banyak memberikan peluang untuk meraih sukses. Health Safety and Environment bertugas guna memastikan lingkungan kerja yang ada dalam keadaan aman dan selamat.

HSE Officer akan memetakan segala sekaligus mengupayakan implementasi keselamatan kerja bagi mereka di tiap-tiap wilayah.

Bidang HSE memiliki beberapa bidang yang lebih spesifik seperti bagian safety, occupational health dan environment yang memiliki spesifikasi tugas yang berbeda-beda.

Epidemiolog

Epidemiolog juga merupakan prospek kerja paling banyak dibutuhkan. Pekerjaan ini bertanggung jawab guna melakukan pengembangan teknologi dalam bidang terkait.

Selain itu, profesi bagi lulusan kesehatan masyarakat ini juga perlu melakukan pencegahan, pemberantasan terhadap penyakit sekaligus pemberdayaan masyarakat dalam ranah kesehatan.

Sanitarian

Biasa disebut sebagai tenaga sanitarian, pekerjaan ini siap bertanggung jawab guna melakukan berbagai tindakan menyangkut kesehatan masyarakat.

Misalnya, melakukan pemeriksaan kegiatan kesehatan di lingkungan masyarakat, menyelidiki fasilitas makanan, meneliti gangguan kesehatan hingga mengendalikan penyakit tersebut.

Sanitarian dapat berkerja di faskes (fasilitas kesehatan), seperti puskesmas, rumah sakit, ataupun klinik.

Tenaga Pendidik/Dosen

Pengajar maupun tenaga pendidik dalam bidang kesehatan masyarakat juga begitu banyak dibutuhkan.

Tenaga pendidik tentunya bisa menyiapkan ahli kesehatan masyarakat yang professional dan bertanggung jawab.

Bukan hanya sekedar pengabdian terhadap masyarakat luas saja, melainkan juga untuk diri sendiri dan orang terdekat.

Pest Control

Pekerjaan ini sebetulnya familiar dengan pengendali hama. Pest control bertugas dalam melakukan pengendalian hama ringan maupun mematikan baik dalam lingkungan gudang, industri, pelabuhan dan sebagainya.

PNS

Lulusan kesehatan masyarakat juga bisa bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil. Misalnya, pegawai rumah sakit, puskesmas, dinas kesehatan dan lainnya.

PNS tentu sudah menjadi impian banyak orang. Apalagi bisa menjadi ujung tombak dalam penanganan kesehatan masyarakat Indonesia. Tentu terdengar sangat menarik.

Promotor Kesehatan

Prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat ini juga banyak dibutuhkan. Profesi yang dikenal sebagai promkes ini bertanggung jawab atas agenda teknis operasional bidang terkait.

Promotor kesehatan juga bisa berperan sebagai fasilitator dalam rangka pemberdayaan kesehatan masyarakat sekaligus mediator promosi kesehatan.

Biostatistika

Prospek kerja favorit ini berfokus pada bidang keilmuan terkait, informatika kesehatan serta ilmu kependudukan.

Profesi terapan statistika ini penting guna menemukan penyebab kemunculan penyakit baru tanpa nama. Tidak lupa dikaitkan juga dengan angka kesakitan, kesembuhan dan kematian dari penyakit tersebut.

Staf Kesehatan Lingkungan

Pekerjaan ini hampir mirip dengan sanitarian. Staf kesehatan lingkungan mempunyai peran sebagai tenaga ahli dalam mengupayakan kesehatan lingkungan di daerah setempat.

Tidak heran jika staf ini akan dibekali dengan kompetensi cukup komplit seperti manajerial, moralitas, kode etik sampai urusan teknis.

Researcher

Sejatinya researcher berperan sebagai pencari informasi. Jika kamu merupakan lulusan kesehatan masyarakat maka bisa memiliki pekerjaan ini dengan tanggung jawab pencari informasi tentang perilaku kesehatan individu atau masyarakat sekaligus menganalisisnya. Profesi ini cukup asyik karena bersinggungan dengan dunia ilmu pengetahuan dan riset.

Healthcare Administrator

Profesi ini bertugas untuk menyediakan info kesehatan bagi masyarakat luas. Healthcare administrator juga akan melakukan proses administrasi mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan proses penyuluhan kesehatan sampai melakukan penilaian. Pekerjaan ini akan bekerjasama dengan rumah sakit, asuransi, apotek hingga pemerintah.

Quality Control

Dunia perkantoran khususnya produsen produk maupun rekayasa manufaktur tertentu pasti membutuhkan quality control.

Pengendali mutu sangat penting guna memastikan bahwa hasil produksi telah sukses melewati persyaratan dan kriteria pelanggan serta produsen sendiri. Dengan begini keuntungan produsen bisa makin optimal.

Startup Bidang Kesehatan

Lulusan jurusan ilmu kesehatan masyarakat, tentu bisa mendirikan startup bidang terkait. Kamu bisa memulainya dengan hal yang disukai seperti reservasi pengobatan, layanan konsultasi daring hingga direktori tenaga medis ahli. Tentu kamu tidak asing dengan dokter sehat, halodoc, serta klik dokter, bukan?

Perusahaan Asuransi

Bekerja di perusahaan asuransi kesehatan terdengar sangat menarik. Gaji yang ditawarkan dari pekerjaan ini juga menggiurkan.

Selain itu, penawaran naik jabatan senantiasa terbuka lebar. Kamu bisa memperoleh banyak tunjangan. Untuk yang selalu peduli terhadap sesama, pekerjaan ini tentu pas bagimu.

Entomolog

Salah satu prospek kerja yang menjanjikan dan dicari yaitu seorang entomolog.

Entomolog kesehatan memiliki tugas pokok yaitu pengamatan, penyelidikan, pemberantasan dan pengendalian terhadap bektor penyakit untuk mencegah penularan penyakit, serta terhadap serangga pengganggu untuk meningkatkan kenyamanan hidup manusia dan lingkungannya.

Penyuluh Kesehatan

Penyuluh kesehatan di lingkungan masyarakat senantiasa bertanggung jawab secara profesional dalam meningkatkan kesehatan masyarakat itu sendiri.

Biasanya penyuluh kesehatan akan bekerjasama dengan promotor kesehatan. Akan tetapi, penyuluh kesehatan lebih berperan sebagai konselor dalam bidang terkait.

Service Supervisor

Prospek pekerjaan ini berperan dalam melakukan pengelolaan terhadap hal-hal fiskal dalam bidang kesehatan masyarakat.

Hal-hal tersebut di antaranya otorisasi pengeluaran anggaran, akutansi, perencanaan biaya, tarif layanan kesehatan masyarakat, koordinasi laporan keuangan hingga melakukan evaluasi terkait.

Surveilans Kesehatan

Profesi ini berfokus pada pengumpulan, melakukan pengolahan, analisis serta interpretasi data sistemik kesehatan masyarakat.

Dalam hal ini surveilans secara kontinyu melakukan penyebaran informasi bagi unit yang membutuhkan guna mengambil suatu tindakan. Tujuannya adalah mencegah adanya kejadian buruk bagi kesehatan masyarakat.

Enterpreneur

Prospek pekerjaan dari jurusan kesehatan masyarakat yang perlu kamu pertimbangkan adalah enterpreneur.

Tidak ada salahnya berwirausaha khususnya yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Atau menjadi seorang sociopreneur yang menggabungkan antara sosial dan entrepreneur.


Sejatinya ada begitu banyak prospek kerja jurusan kesehatan masyarakat yang menarik. Kamu bisa mengembangkan ilmumu dengan bekerja bersama orang lain, mengabdikan diri kepada negara sampai membuka usaha sendiri.

Kamu hanya perlu memilih pekerjaan mana yang ingin ditekuni. Tentunya pilihlah pekerjaan yang bisa membuatmu nyaman sekaligus menerapkan ilmu yang telah dipelajari.

Tinggalkan komentar